Sekilas Info

POAK Cium Aroma Praktek Pungli di SD 001 Balikpapan

Ketua Persatuan Ormas Asli Kalimantan ( POAK ), Andin Syamsir

RAKYATKALTIM -- Organisasi Masyarakat (Ormas) Persatuan Ormas Asli Kalimantan (POAK) mencium aroma dugaan pungutan liar di Sekolag Dasar (SD) 001, yang terletak di jalan Ahmad Yani, Kota Balikpapan.

Ketua Persatuan Ormas Asli Kalimantan ( POAK ), Andin Syamsir, mengatakan, pihaknya mencium aroma pungli disekolah SD 001, tersebut dimana diduga kuat adanya permintaan sejumlah dana oleh pihak komite sekolah yang meminta dana kepada orang tua murid sebesar Rp.20.000 (Dua Puluh Ribuh Rupiah)

"Di SD 001 Jalan A.Yani Komite Sekolah Memintai Uang Kepada Orang Tua Murid RP. 20.000 (Dua Puluh Ribuh Rupiah) Per kelas," Kata Andin Syamsir, senin 19 September 2022.

Lanjut dikatakan, selain itu Komite Sekolah Tidak Membuat Rencana Anggaran Belanja dan Pengeluaran Uang Tidak di Pertanggung Jawabkan secara tertulis

"Selain tidak ada pertanggung jawaban di duga kuat tidak ada RAB yang di buat. Jangan sampai uang Iuran dari Orag Tua malah dibuat untuk membelikan Sepatu, Emas dan Tas Buat Guru," Kata dia.

Bahkan secara tegas Andin Syamsir mengatakan, Komute sekolah tidak boleh memaksa membayaran iuran 20.000 yang dibebankan kepada orang tua murid. Bagi yang setuju silahkan dan yang tidak setuju tidak boleh di paksa.

"Tidak boleh ada paksaan, jika itu dilakukan jelas ini pelanggaran," tegasnya.

Olehnya itu, POAK mendesak Pihak terkait untuk dapat mengambil langkah tegas. "Kita minta Dinas untuk mengambil langkah tegas," tutupnya.(*)

Penulis:

Baca Juga