LSM Gerak Kaltim Resmi Terbentuk, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN — Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak) Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur resmi terbentuk.

Terbentuknya Gerakan Rakyat Anti Korupsi (DPD) Kalimantan Timur berdasarkan SK Nomor: 039/SK/DPP GERAK INDONESIA/VIII/2021. Dimana Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak) Indonesia sendiri resmi terdaftar melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-0078871.AH.01.07 Tahun 2016.

Sekertaris Gerak Kaltim A. Rudi Fathir menjelaskan, LSM Gerak Indonesia Kaltim adalah pengembangan dari sebuah organisasi non pemerintah (ornop) atau sering disebut sebagai lembaga non government organization (NGO).

“Jadi, Gerak Indonesia Provinsi Kaltim ini merupakan sebuah organisasi di luar pemerintah, di luar birokrasi. Tujuannya bisa membantu kinerja pemerintah bahkan justru ikut mengawasi jalannya pemerintahan agar tidak jadi penyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan,”Ujarnya.

Saat ini kata, kata Rudi Fathir, berdasarkan data di Indonesia setidaknya ada kurang lebih 10.000 LSM yang ikut berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemerintahan terutama pada ranah politik. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) akan bisa mencapai tujuannya dengan baik, kalau mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

“Perkembangan jumlah LSM ini dipantikan akan terus merangkak dengan cepat bukan cuma pada tingkat provinsi aja, tapi juga pada tingkat kabupaten dan kota,”urainya.

Adapun Beberapa faktor yang mendukung perkembangan jumlah lembaga swadaya masyarakat ini, Kata Rudi Fathir yaitu Karena perkembangan dalam bidang politik, bidang demokrasi, pembangunan ekonomi, teknologi.

“Hadirnya Gerak Kaltim ini nantinya bisa menjadi wadah organisasi yang menampung, memproses, mengelola dan melaksanakan semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan terutama pada bagian yang sering tidak diperhatikan oleh pemerintah,”Jelasnya.

Disinggung soal tujuan Berlembaga, Rudi Fathir menambahkan, Tujuan Lembaga Swadaya Masyarakat Masing-masing Lembaga Swadaya Masyarakat mempunyai tujuan yang berbeda-beda tergantung dengan bidang yang dijalaninya.

“Jadi, buat melihat apakah LSM tersebut udah bisa menjalankan fungsinya dengan baik atau gak harus dilihat lagi tujuannya,”Pungkasnya.(EDS/TS)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *