DKP3A Advokasi Calon Pasangan Pengantin di Paser

  • Whatsapp
banner 468x60

TANA PASER – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim menggelar kegiatan advokasi/Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada calon pasangan pengantin di Kabupaten Paser tahun 2021, di Gedung Perempuan Berjaya Dinas P3AP2KB Kabupaten Paser, Kamis (2/9/2021).

Menurut Kepala DKP3A Kaltim Hj Noryani Sorayalita, perkawinan, suatu ikatan lahir batin antara seorang pria dengan wanita sebagai suami istri agar terbentuk keluarga (rumah tangga) yang sakinah, mawaddah, dan warahmah (Samawa), bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Untuk itu lanjutnya, suami istri harus saling membantu dan melengkapi, agar masing-masing dapat mengembangkan kepribadiannya membantu dan mencapai kesejahteraan spiritual dan materiil.

“Melalui KIE ini, semoga wawasan calon pasangan pengantin semakin bertambah menjadi bekal mengarungi hidup  berumah tangga. Tentunya akan ada persoalan yang timbul, baik suka  maupun duka akan dilalui dalam hidup bersama,” kata Noryani Sorayalita.

Dalam berumah tangga, lanjut Soraya,  banyak terjadi hal tidak dibayangkan sejalan dengan waktu. Apalagi ditengah pesatnya arus transformasi sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan informasi.

Ditambah lagi dimasa pandemi virus Covid 19 yang secara langsung sangat berpengaruhi pada sektor sosial dan ekonomi, pembatasan beraktifitas, banyak pemutusan hubungan kerja, peluang bekerja dan berusaha berkurang.

Ketua Panitia penyelenggara Plt Kabid Dalduk Syahrul Umar melaporkan tujuan KIE guna menambah ilmu pengetahuan dan wawasan 15 calon pasangan  pengantin tentang kesehatan reproduksi, 1000 hari pertama kehidupan, stunting serta konsultasi informasi dan edukasi keluarga.

“Termasuk memotivasi peserta agar lebih aktif membentuk insan-insan yang berkualitas dimasa mendatang,” papar Syahrul.(mar/yans/adpimprovkaltim)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *