BI Kaltim Terus Dukung GERNAS BBI

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA — Dalam rangka mendukung kemajuan UMKM lokal Kalimantan Timur dan memberi ruang bagi produk unggulan Kaltim Pemerintah melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Pemerintah Provinsi Kaltim didukung oleh Bank Indonesia dan Pertamina, menyelenggarakan Soft Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Kaltim.

Acara berlangsung melalui Zoom Meeting dan juga di virtual di Ruang Heart of Borneo Lantai II Kantor Gubernur , Rabu (1/9/21).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kaltim, Tutuk S.H Cahyono mengungkapkan GBBI Kaltim merupakan moment penting untuk meningkatkan komitmen, keberpihakan dan pemberdayaan produk artisan atau UMKM Kaltim agar dapat naik kelas dan mampu bersaing dipentas nasional bahkan global.

“Sehingga pertumbuhan ekonomi Kaltim yang saat ini masih didominasi batu bara dapat menjadi lebih bernilai tambah tinggi, inklusif dan berkesinambungan,” ujar Tutuk.

Survei Bank Indonesia Perwakilan Kaltim menunjukan bahwa pandemi telah menurunkan kinerja UMKM Kaltim yang sangat signifikan, bahkan sebagian berhenti beroperasi sejak pandemi merebak di Kaltim pada triwulan II tahun 2020.

“Namun demikian, program pengembangan UMKM berbasis digitalisasi yang kami lakukan sejak sebelum merebaknya Pandemi Covid-19 telah membuat UMKM lebih cepat beradaptasi sehingga mampu membaik secara bertahap menuju pemulihan,” paparnya.

Percepatan pemulihan ekonomi dan bahkan menjadi UMKM yang semakin berdaya saing terbukti bisa dilakukan dengan melakukan program pengembangan UMKM naik kelas secara sistematis dan berkesinambungan dalam jangka menengah panjang.

“Selain pelatihan dan pendampingan secara terprogram dan bertahap diberbagai kelas yang kami buat, kami juga menyediakan showcasing secara offline dipodium maupun online di laminetam.id dan gerbangumkmborneo.com semua produk sudah terkurasi dan onboarding di marketplace  nasional dan global,” sebut Tutuk.

Tutuk juga terus mendukung GERNAS BBI Kaltim sampai Grand Launching pada akhir tahun 2021 nanti. Pada acara Soft Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Kaltim ini juga hadir Menteri Desa PDTT RI, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar M.Pd yang memberikan keynote speech kepada seluruh peserta.

Serta dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, HM Saba’ni yang didampingi Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim, HM Yadi Robyan Noor, Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal dan Kepala DPMPD Kaltim, Syirajuddin.(*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *