Perkuat Kinerja APIP, Pemprov Kaltim Buka Peluang ASN Jadi Auditor

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA – Didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani, Kepala BPKAD M Sa’aduddin dan Kepala Inspektorat Wilayah Kaltim M Irfan Pranata, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Nasional (Rakorwasdanas) secara virtual di Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim, Selasa, 31 Agustus 2021.

Rakorwasdanas digagas Kemendagri dirangkai launching Sinergitas Pengelolaan Bersama Monitoring Centre for Prevention (MCP) Pencegahan Korupsi oleh Mendagri M Tito Karnavian, Ketua KPK RI Firli Bahuri dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

Usai mengikuti Rakorwasdanas, Sabani menegaskan dalam upaya memperkuat kinerja Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), terutama dalam upaya pencegahan tindak korupsi, Pemerintah Provinsi Kaltim terus melakukan rekruit auditor sekaligus meningkatkan kapasitasnya.

“Dalam memperkuat APIP ini kan, kita sudah melakukan upaya mencukupi jumlah auditor. Kita memang kekurangan auditor,” ungkap Sa’bani.

Selain mendapat auditor baru, lanjutnya, Pemprov juga membuka peluang bagi ASN yang ingin menjadi auditor (sesuai syarat ditentukan).

“Dari segi SDM kita memang kurang, sementara beban kerjanya sangat tinggi sekali,” tambahnya lagi.

Disisi lain, peningkatan SDM terus dilakukan mengikuti pendidikan dan pelatihan menjadi APIP, bahkan kepala APIP wajib memiliki sertifikasi.

Dari segi pembiayaan, diakuinya, telah disiapkan penganggarannya sesuai ketentuan Permendagri untuk dialokasikan sekian persen bagi APIP.

“Itu beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas APIP kita, sehingga kualitas pengawasan pun semakin baik. Diharapkan tercukupinya kualitas dan kuantitas APIP di Pemprov Kaltim, maka tercipta good governance dan pemerintah yang bersih,”ungkap Sa’bani.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *