Cegah Covid-19 Di Lingkungan Warga Binaan, Rutan Kelas IIA Samarinda Gelar Vaksinasi

  • Whatsapp
banner 468x60

Rutan Kelas IIA Samarinda lakukan vaksinasi masal kepada 100 warga binaan (Foto: istimewa)

SAMARINDA — Sesuai instruksi presiden bahwa penanganan COVID-19 ini harus serius, begitu lah giat yang hasilkan Rutan Kelas IIA Samarinda dalam vaksinasi masal warga binaan pemasyarakatan. Di alua ruang besuk Rutan Samarinda Jalan KH Wahid Hasyim II, Selasa (31/08/21)

Bekerja sama dengan Labkesda Kota Samarinda, lebih dari 100 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Samarinda hari ini divaksin Covid-19. Dengan antusias yang tinggi dan tertib WBP mengikuti vaksinasi menggunakan vaksin Astrazeneca.

Dengan tertib satu persatu mereka masuk melalui tiga tahap. Mulai dari proses pendaftaran, skrining riwayat kesehatan hingga penyuntikan vaksin. Setelah menerima vaksin, para WBP ditempatkan di ruang observasi kurang lebih 30 menit untuk mengetahui dini ada tidaknya potensi Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).

“Vaksinasi ini merupakan kolaborasi yang baik antara Rutan dengan Dinas Kesehatan Samarinda, dalam hal ini Labkesda,” Ucap Sofyan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur.

Pemberian vaksin ini akan di lakukan berkala hingga dua pekan kedepan. Total ada 1.096 WBP di Rutan yang akan menerima vaksin.

Sofyan menjelaskan, untuk Lapas dan Rutan se – Kaltim dan Kaltara kurang lebih membutuhkan vaksin 12.800 bagi warga binaan. 

“Setelah kami pantau se-Kaltim dan Kaltara, rata-rata sudah terlaksana semua kegiatan vaksin dosis pertama, dan sebagian dosis kedua,” ujar Sofyan.

Sofyan menerangkan kegiatan Rutan ini merupakan vaksinasi lanjutan, sebelumnya sudah di lakukan vaksinasi untuk skala prioritas WBP lansia (Lanjut Usia).” Tambahnya.

Namun menurutnya percepatan vaksinasi ini tergantung pada ketersediaan stok vaksin itu sendiri.

“Soal tenaga kesehatan, semua siap. Kebutuhan vaksin yang kurang. Tapi informasinya, itu semua akan segera terpenubi sehingga semua warga binaan bisa divaksin segera,” ungkap Sofyan.

Sejauh ini untuk Rutan Kelas IIA Samarinda sudah 220 WBP yang menerima vaksin. hari ini diikuti 160 orang WBP. Sementara sebelumnya 60 WBP kategori Lansia divaksin lebih dulu. Untuk diketahui, tersisa kurang lebih 800 orang WBP yang akan mengikuti vaksinasi berikutnya.

“Selanjutnya akan terus digelar vaksinasi di Rutan sampai semua WBP berjumlah 1.096 orang sudah divaksin,” Ujar Kepala Rutan Kelas IIA Alanta Imanuel Ketaren.

Alanta juga memastikan, Rutan Kelas IIA Samarinda mendapat dukungan penuh dari Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur, untuk mengupayakan semua WBP menerima vaksin.

“Vaksin ini selain meningkatkan kekebalan, kedua juga sebagai syarat perjalanan mereka (warga binaan) setelah bebas nanti, untuk pulang dan kumpul kembali bersama keluarga,” Imbuh Alanta.

Di kesempatan yang sama, Kepala Labkesda Kota Samarinda Kamil menerangkan, dalam satu dua pekan kedepan, kesemua warga binaan di Rutan yang belum divaksin akan segera diselesaikan.

“Dalam satu dua pekan ini, semua 1.096 warga binaan akan kita vaksin semua. Untuk ketersediaan vaksin saat ini adalah Astrazeneca. Sebentar lagi dalam waktu dekat, akan ada lagi pengiriman vaksin (ke Samarinda),” kata Kamil.

“Kolaborasi kami dengan Rutan sudah cukup baik. Setiap kegiatan vaksinasi yang ada, biasanya memang Rutan berkomunikasi dengan kami. Vaksinasi hari ini, kami turunkan 7 petugas medis. Terdiri dari dua dokter, vaksinator, perawat hingga apoteker,” demikian Kamil. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *