Nilai Evaluasi SAKIP 2021, Iwan Setiawan: Diharapkan Meningkat

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA — Kepala Biro Organisasi Setda Prov.Kaltim, Iwan Setiawan mengikuti evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB, Senin (30/8/2021).

Iwan Setiawan menyampaikan dalam paparanya kepada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Kementerian PAN-RB, berdasarkan evaluasi SAKIP Tahun 2020 lalu Kaltim memperoleh nilai 77,67 poin.

“Mudah mudahan ditahun 2021 hasil evaluasi kami meningkat,” harapnya dalam rapat virtual zoom.

Pemerintah Provinsi Kaltim sudah melakukan evaluasi sebelum melakukan perubahan dokumen RPJMD seperti Renstra Perangkat Daerah yang perubahannya berorientasi pada hasil yang terukur dan tepat sasaran.

Seluruh pimpinan perangkat daerah harus memastikan dokumen perencanaannya telah selaras dan indikator kinerja utama (IKU) sesuai dengan target jangka menengah maupun tahunan.

Iwan juga menambahkan bahwa Pemprov Kaltim telah melakukan review Renstra yang telah diverifikasi oleh Tim Bappeda Kaltim. Selain itu, Renstra tersebut telah menyesuaikan dengan indikator kinerja yang terukur berdasarkan Permendagri 90 Tahun 2019 mulai dari indikator kinerja esselon II hingga esselon IV, sehingga memudahkan penyusunan.

Hasil rekomendasi SAKIP yang disampaikan oleh Tim evaluator Kementerian PAN-RB, adalah dalam penyusunan atau review dokumen pemerintahan Kaltim agar mengacu pada kaidah penyusunan perencanaan kerja, serta berorientasi pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, kualitas indikator kerja, dan keterpaduan perencanaan. (bgs/as/RF).

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *