Kaltim Tunggu Vaksin Merah Putih

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA – Pemprov Kaltim menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) di berbagai Bidang Farmasian Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) se Indonesia secara daring, di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Kamis 26 Agustus 2021.

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor ketika membuka kegiatan mengatakan, peran organisasi  apoteker dalam kefarmasian sangat besar. Terutama menunjang kebutuhan obat yang kini diperlukan pada masa Pandemi. Bahkan, dukungan SDM farmasi atau apoteker juga sangat diperlukan untuk menyiapkan atau memproduksi vaksin di dalam negeri, yaitu Vaksin Merah Putih yang akan disiapkan menangani Virus Covid-19.

“Karena itu, Provinsi Kaltim siap menunggu produksi Vaksin Merah Putih yang merupakan produk anak dalam negeri sendiri,” sebut Isran Noor.

Bagi Isran, seiring perkembangan zaman dan digitalisasi kefarmasian. Maka, sangat wajar jika ke depan produksi obat maupun vaksin untuk penanganan berbagai penyakit di Indonesia khususnya masa pandemi Covid-19 diproduksi putra-putri bangsa ini.

Meski demikian, saat ini negara masih membeli dari produk luar negeri. Karena itu, dalam mendukung penanganan kesehatan masyarakat,, diperlukan dukungan semua pihak tak terkecuali para Apoteker se Indonesia.

“Pemerintah tidak bisa sendiri mengatasi permasalahan yang kini terjadi. Makanya, peran apoteker sangat diperlukan. Termasuk penelitian dan pengembangan produk kefarmasian perlu intensif dilakukan,” jelasnya.

Bahkan, Isran menilai, banyak kekayaan alam yang perlu dikaji dan dimanfaatkan untuk mendukung produk obat-obatan bagi SDM farmasi.

Hadir Ketum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) Nurul Falah Eddy Pariang.(*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *