Samarinda dan Kutai Barat Terbaik di Zona Kalimantan Pengendalian Inflasi 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2021 secara virtual yang dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara Jakarta, Rabu (25/08/2021).

Pada kesempatan ini Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono, Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwitjahyono, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov Kaltim Abu Helmi, serta pimpinan organisasi perangkat daerah terkait lingkup Pemprov Kaltim di ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim.

Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kaltim dan kabupaten/kota yang telah bekerja mengendalikan inflasi di wilayah Benua Etam sepanjang tahun 2020 dengan pencapaian terbaik dalam beberapa tahun terakhir, sehingga mendapatkan TPID Award dari Bank Indonesia selaku penyelenggara Rakornas dan TPID Award.

“Dua tahun Kaltim  mendapatkan urutan pertama atau yang terbaik di Kalimantan. Untuk 2020 ini kita mendapatkan urutan kedua untuk zona Kalimantan, tetapi kategori kota dan kabupaten pengendalian inflasi terbaik, Samarinda dan Kutai Barat di zona Kalimantan,” jelas Hadi Mulyadi.

Meskipun terjadi penurunan pencapaian, lanjut Hadi, tapi intinya pengendalian inflasi di Kaltim, khususnya di Samarinda dan Kutai Barat, serta daerah lainnya termasuk bagus.

“Dan terpenting perekonomian kita semakin membaik di kuartal kedua ini, karena didorong ekspor migas, batu bara dan kelapa sawit, termasuk komoditi pertanian,” ujar Hadi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan pada Juli lalu, inflasi terjaga rendah di hampir seluruh daerah, atau secara nasional 1,52 persen year on year, jauh dibawah target yaitu 3 persen.

“Inflasi yang rendah bukan sebuah kegembiraan, tetapi bisa juga mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat karena kurangnya mobilitas akibat pandemi Covid-19,” ucap Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur BI Perry Warjiyo.(*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *