Sekprov Sa’bani Harap APIP Mampu Tingkatkan Pengawasan di kaltim

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN — Sekretaris Daerah Prov Kaltim M Sa’bani menghadiri Pelatihan Certification Of Government Chief Audit Executive ( CGCAE) Angkatan ke-11 Bagi Pimpinan APIP Pemerintah Daerah se – Kaltim Tahun 2021 di Hotel Grand Jatra Balikpapan, Selasa (24/8/2021)

Sabani mengapresiasi pelatihan CGCAE, sebab memiliki makna yang penting, seiring tuntutan peran APIP yang semakin meningkat dari berbagai stakeholder, baik Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, BPK maupun BPKP, KPK.

“Tentu saja mandat kepala daerah (Gubernur, Bupati dan Walikota) sebagai stakeholder utama APIP Pemda,” kata Sa’bani.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan APIP profesional, dimulai dari pimpinan APIP yang memiliki karakter leadership dan kemampuan manajerial yang efektif untuk mendorong kinerja pengawasan intern agar lebih optimal.

Agar dapat melaksanakan fungsi pembinaan dan pengawasan, menurut Sa’bani, APIP perlu mendapat penguatan kelembagaan, personil melalui pendidikan dan pelatihan, serta penguatan anggaran.

“Saya harap pelatihan ini dapat didesain sesuai kebutuhan pimpinan, yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Untuk mendorong peran APIP yang optimal,” tuturnya.

Selain itu, pimpinan APIP perlu memiliki pengetahuan dan kemampuan analisis terhadap proses bisnis lingkungannya, sehingga mampu mengidentifikasi titik-titik kritis dan risiko strategis yang dapat mengganggu pencapaian tujuan unit kerja pemerintah daerah.

Pelatihan CGCAE (24-27 Agustus) dibuka Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD Dadang Kurnia, kegiatan diikuti sekitar 14 peserta dari Inspektorat di wilayah Kaltim. Pelatihan dilanjutkan uji tertulis pada 3 September dan Uji Makalah pada 7 September.

Pembukaan CGCAE menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dihadiri Auditor Utama BPKP Maliki Heru Santosa, Kepala Perwakilan BPKP Kaltim Supriyadi, Kepala BPKAD Kaltim M Sa’duddin, Inspektur Provinsi Kaltim beserta jajaran yang hadir secara langsung dan virtual.(*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *