4 Pelaku Perampokan di Balikpapan Baru Ditangkap Polda Kaltim di Kota Batam

  • Whatsapp
banner 468x60

Balikpapan – Tim Jatanras Polda Kaltim bekerjasama dengan Polda Kepulauan Riau dan Polresta Barerang berhasil menangkap pelaku perampokan rumah mewah dikawasan Perumahan Balikpapan Baru, Cluster Windaor Blok IB 5 yang terjadi pada hari Sabtu dini hari (31/7/2021) lalu.

Ke empat pelaku perampokan berhasil diamankan di Kota Batam, Kepulauan Riau (17/8/2021) lalu, setelah salah satu pelaku lainnya terlebih dahulu diamankan di Balikpapan.

Bacaan Lainnya

Waka Polda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum didampingi Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo dan Dir Reskrimum Polda Kaltim Kombes Pol Subandi menyampaikan dalam pres rilis yang digelar di Loby Mapolda Kaltim, Jln. Syarifuddin Yoes, Balikpapan Selatan (Balsel), Jum’at (20/8/2021).

Kelima pelaku merupakan pelaku yang sama saat melakukan aksi perampokan dikawasan Perumahan Regency Cluster Royal.

Penangkapan pelaku berawal saat tim Jatanras Polda Kaltim terlebih dahulu mengamankan tersangka berinisial SD disalah satu kawasan yang ada dikota Balikpapan.

Kemudian, tim melakukan pengembangan dan akhirnya ke Empat pelaku lainnya berhasil diamankan dikota Batam tepatnya di pulau Bulung.

“Jadi penangkapan kelima pelaku berawal dari penangkapan salah satu pelaku di Balikpapan, selanjutnya dikembangkan dan berhasil mengamankan pelaku lainnya di Batam,” ucap Brigjen Pol Hariyanto.

“Pelaku yang mau diringkus di Batam, kemudian melarikan diri dan bersembunyi ke pula Bulung,” sambungnya.

Brigjen Pol Hariyanto menambahkan pelaku sudaj sering melakukan tindak pidana yang sama, bahkan kelimanya merupakan pelaku spesialis pencurian lintas pulau dan lintas negara.

“Jadi bukan hanya di Balikpapan, mereka pernah beraksi di Surabaya, Kuningan (Jabar), Batam dan Kuala Lumpur (Malaysia),” bebernya.

“Untuk di Malaysia ada 3 TKP yakni satu kali di Johor, dan 2 kali di Kuala Lumpur,” sambungnya.

Dari hasil pengungkapan didapati beberapa barang bukti hasil kejahatan kelima pelaku diantaranya untuk di Perum Regency yakni 1 buah kalung emas, 21 buah jam tangan, 1 buah Gelang Emas dan uang tunai sebesar 7 juta rupiah.

Sedangkan barang bukti hasil kejahatan di Perum Balikpapan Baru, Cluster Windsor yakni uang tunai 7 jt rupiah, 1 buah, Jam Tangan berbagai merk, anting emas dan kamera.

Disinggung mengenai adanya TKP diluar negeri tepatnya di Malaysia, Brigjen Pol Hariyanto mengatakan akan menyurat interpol yang ada di Malaysia.

“Ya..kita akan bersurat kepada Interpol nantinya, karena ada beberapa TKP yang kejadiannya di Malaysia,” terangnya.

Atas perbuatannya kelima pelaku akan dijerat dengan Pasal 365 tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal Seumur Hidup.(**)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *