Kaltim Tuan Rumah Gernas BII

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA- Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BII) menjadi momentum baik mendukung kemajuan BUMDes di Kaltim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim HM Syirajudin menegaskan Provinsi Kaltim sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gernas BII, terus berupaya memberi peluang bagi BUMDes-BUMDes Bersama masuk dalam jaringan UMKM binaan mitra kerja Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), yakni PT Pertamina dan Bank Indonesia.

“Karena itu, Pemprov Kaltim melalui DPMPD mendukung penuh BUMDEs terlibat aktif Gernas BBI. Apalagi Kaltim ditetapkan tuan rumah kegiatan yang akan dilaksanakan Oktober mendatang ini,” sebut M Syirajudin didampingi Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat Muriyanto saat mengikuti Rakor Persiapan Pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BII) secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Syirajudin menjelaskan sekitar 26 BUMDes yang sudah memiliki produk unggulan sesuai data yang disampaikan bisa berpartisipasi.

Selanjutnya, pembinaan dilakukan produk yang dikembangkan BUMDes semakin berkualitas dan cakupan promosinya semakin luas.

Untuk diketahui, di Provinsi Kaltim, Gernas BII menjadi momentum baik mendukung kemajuan BUMDes di Kaltim. Dari 841 desa terdapat 778 BUMDes aktif dengan berbagai unit usaha yang dikembangkan.

Sebelumnya Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Herlina Sulistyorini mengatakan kegiatan tindaklanjut arahan Kemendes PDTT terkait peningkatan peran aktif BUMDes/BUMDes Bersama dalam rangkaian Germas BBI di Provinsi Kaltim.

“Ini sebagai bagian penguatan kapasitas yang dilakukan Pemda, Pertamina dan Bank Indonesia,” katanya.(jay/yans/humasprovkaltim)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *