Pemprov Kaltim Buka Uji Kompetensi Pejabat Administrator

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA — Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi resmi membuka Uji Kompetensi bagi Pejabat Administrator di lingkup Pemprov Kaltim, di ruang rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (18/8/2021).

Kegiatan digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim secara virtual diikuti 83 pejabat administrator dari 41 perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim. Dengan nara sumber Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Ditjen Otda Kemendagri Cheka Virgowansyah dan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi.

Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan agar setiap aparatur sipil negara (ASN) memiliki lima karakter yang dipunyai oleh para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Kelima karakter, yaitu bekerja tulus dan ikhlas. Memiliki keberanian, yaitu harus berani mengambil langkah, walaupun sedikit merugikan diri sendiri tetapi bermanfaat bagi orang banyak.

Selanjutnya, seorang ASN harus kuat dalam kompetensi. Artinya tidak cukup hanya satu kompetensi, untuk itu harus terus belajar sesuatu yang baru, sehingga kompetensi yang dimiliki juga semakin meningkat dan beragam. Kemudian, berani berkorban dengan waktu, tenaga bahkan harta. Dan terakhir, harus memberi manfaat kepada orang lain.

“Jika kelima karakter ini dimiliki seorang ASN, maka semua persoalan bisa cepat kita selesaikan. Kompetensi itu menjadi sangat penting dalam meningkatkan kinerja ASN memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, serta melaksanakan program-program pembangunan yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Hadi didampingi Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi.

Mantan legislator Senayan dan Karang Paci ini berharap BPSDM terus meningkatkan peran mengembangkan kompetensi sumber daya manusia ASN di Kaltim, sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yaitu kompetensi manajerial, teknis, sosiologi kultural dan pemerintahan.

“Saya yakin melalui BPSDM akan lahir ASN yang profesional, tangguh dan berkualitas, sehingga mampu menjawab tantangan kedepan di era keterbukaan informasi dan teknologi informasi,” harapnya.

Editor: Jhon Travolta RF

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *