Hadiri Haul, Muliadi Minta Makam Pahlawan di Sesulu Segera Dipugar

  • Whatsapp
banner 468x60

PENAJAM,- Melihat begitu besarnya sejarah perjuangan para raja-raja terdahulu untuk bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan di negeri ini khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara  (PPU), Plt. Sekretaris Daerah (sekda)  Kabupaten PPU Muliadi, menegaskan  bahwa masyarakat saat ini harus bisa memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginnya kepada para pejuang tersebut.

Perihal ini disampaikan Muliadi saat dirinya menghadiri acara Haul Aji Raden Kusuma, Anden Oko, Anden Gedang dan Aji Natam yang merupakan Pahlawan Nasional dari utara Paser di makam tepian dalam muara Sesulu, Kabupaten PPU, Rabu, (18/8/21) di Kecamatan Waru.

” Saya minta makam ini harus segera di pugar sebagai wujud penghargaan kita kepada para pahlawan khususnya di wilayah PPU ini. Perihal ini juga akan segera  kami sampaikan kepada bupati PPU , ” kata Muliadi.

Bahkan Muliadi ditengah sambutannya harus terhenti sejenak karena tidak dapat menahan air matanya ketika dirinya mengulas balik sejarah perjuangan para pahlawan paser ini dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia terhadap para penjajah.

” Saya banyak mengetahui dari berbagai sejarah yang ada khususnya tentang perjuangan raja-raja kita di tanah paser ini.  Jadi ketika saya bercerita kembali, mohon maaf keharuan itu tidak dapat saya sembunyikan, ” ujarnya.

Muliadi juga menambahkan bahwa para pejuang-pejuang khususnya suku Paser yang ada di Kabupaten PPU terdahulu ini pantas mendapat gelar menjadi pahlawan nasional.

” Perjuangan mereka tidaklah kecil namun telah dilakukan secara luas untuk bangsa ini. Oleh karenanya setatus mereka sangatlah pantas jika mendapat gelar sebagai pahlawan nasional, ” tutupnya

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua panitia kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan Haul tersebut merupakan sebuah penghargaan atau penghornatan terhadap pejuang terdahulu dalam melawan penjajahan belanda khususnya di Kabupaten PPU ini termasuk beliau almarhum H. Raden Kusuma.

Dirinya mengatakan bahwa sesungguhnya masih banyak pejuang-pejuang khususnya suku paser di daerah ini yang tidak dikenal namun jasa dan perjuangannya nya begitu besar untuk bangsa ini. Oleh karenanya melalui kegiatan haul tersebut dirinya berharap semua yang hadir dapat mengirimkan doa yang terbaik bagi para pejuang- pejuang terdahulu, baik mereka yang tercatat namanya maupun yang tidak tercatat.

” Melalui kegiatan ini kami berharap ada doa terbaik kita semua yang disampaikan kepada seluru para pejuang khususnya di daerah ini. Semoga perjuangan mereka mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT, ” harapnya.

Sumber: Humas
Editor: Jhon Travolta RF

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *