Pandemi Covid-19 dan Renungan Hari Merdeka

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh: Dr. H. Mahyudin, ST., MM

OPINI — Hari ini, tepat 76 tahun para pendiri bangsa memproklamirkan kemerdekaan dalam situasi yang penuh dengan keterbatasan. Semangat juang dan ridha Allah SWT yang membuat semua itu dapat terwujud. Di usia yang ke-76, sudah saatnya bangsa ini fokus untuk membangun semua aspek kehidupan, mengejar ketertinggalan dari bangsa lain, dan tidak lagi fokus pada persoalan-persoalan klasik yang seharusnya sudah selesai sejak kemerdekaan dikumandangkan.

Oleh sebab itu, sejak awal pemerintahannya,  Presiden Jokowi sangat fokus memperbaiki dan  membangun infrastruktur jalan dan jembatan, membangun bandara dan pelabuhan untuk membuka daerah terisolir dan mempercepat arus barang dan jasa. Selain itu juga mempermudah investasi untuk membuka lapangan kerja, membangun bendungan dan irigasi serta mencetak areal pertanian untuk meningkatkan produksi pangan.

Tak hanya itu, pemerintahan Jokowi juga fokus meningkatkan kualitas SDM dengan mendorong riset yang mampu memberi nilai tambah serta mengeluarkan kebijakan BBM satu harga dari Sabang sampai Merauke demi terwujudnya rasa keadilan. 

Namun di akhir tahun 2019 lalu, di tengah pemerintah telah merampungkan program pembangunan untuk tahun berikutnya,  diinformasikan bahwa di Wuhan, Ibukota Provinsi Hubei tersebar virus baru yang dinamakan dengan Covid-19.

Virus Covid-19 sangat cepat penyebarannya yang mengakibatkan tingginya tingkat kematian yakni sejumlah 4.181.915 jiwa (Data __Worldometers_ ,10 Agustus 2021).

Covid-19 juga dengan cepat bermutasi dalam berbagai varian dengan derajat inveksius yang lebih tinggi. Kehadiran Covid-19 memberi dampak yang luas dan massif dengan yang berdampak pada menurunkan perekonomian secara global.

Setiap negara dapat mengeluarkan kebijakan preventif untuk menghambat laju penularan sesuai dengan eskalasi dengan merujuk pada standar protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh World Health Organication (WHO). Sampai saat ini belum ada satupun ahli Epidemiologi yang dapat memastikan kapan pandemi ini akan berakhir.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *