Isran Undang Garuda Shield Kembali Tahun Depan

  • Whatsapp
banner 468x60

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa beserta istri Hetty Andika Perkasa. (Foto: Arief)

BALIKPAPAN — Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menghadiri Sport Day and Culture Day Garuda Shield 15/2021, di Lapangan Yonif Raiders 600 Modang, Kodam VI Mulawarman Balikpapan, Jumat (13/8/2021).

Kegiatan ini rangkaian Latihan Bersama (Latma) TNI Angkatan Darat (AD) dengan US Army yang dimulai sejak 4 Agustus 2021.

Sport Day and Culture menjadi sangat menarik perhatian peserta Latma. Karena setelah sekitar sepekan mereka melatih kapasitas diri berupa pelatihan taktik perang dan penggunaan senjata ringan, khusus di hari ini ratusan tentara dari TNI AD dan US Army mengikuti lomba olahraga tradisional Indonesia, berupa balap bakiak dan tarik tambang, serta penampilan tari-tarian tradisional Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa beserta istri Hetty Andika Perkasa, Irjenad Letjen TNI Benny Susianto, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Walikota Balikpapan Rachmad Mas’ud, serta US Army Charlie Company Commander BN 1-21 Capt David Moets.

Gubernur Isran Noor mengaku bangga dan bahagia karena Kaltim terpilih menjadi salah satu lokasi latihan bersama antara TNI AD dan US Army, tepatnya di Amborawang Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun dua lokasi lainnya, yakni Batu Raja, Sumatera Selatan dan Makalisung, Sulawesi Utara. Latma Garuda Shield 15/2021 ini melibatkan sekitar 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 prajurit US Army, atau yang terbesar dalam sejarah Latma Garuda Shield.

“Kegiatan latihan disini adalah sebuah penghargaan yang didapat oleh masyarakat Kaltim. Mungkin tahun depan kami akan mengundang kalian kembali, dengan kegiatan latihan yang mungkin lebih besar dengan melibatkan kendaraan tempur, seperti tank amfibi Arisgator M113 APC yang sama-sama dimiliki oleh TNI AD dan US Army,” ucap Isran.

Editor: Rudi

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *