Samarinda Siap Ekspor Lidi Nipah hingga Sarang Burung Walet

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA — Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun mendukung dan mensukseskan program merdeka ekspor yang direncanakan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, melalui Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pada 14 Agustus 2021 mendatang.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, mengundang Gubernur dan Bupati/Walikota Se-Indonesia untuk mengikuti acara tersebut, yang diadakan Kementrian Pertanian terselenggara di 17 Pelabuhan termasuk di Kota Samarinda.

“Ini harus menjadi momentum bagi Kota Samarinda menunjukkan hasil unggulannya berbagai produk untuk diekspor. Karena saat ini ekspor yang ada masih diproduksi Kelapa Sawit, Karet dan Kayu. Kita mencoba mencari potensi-potensi yang lainya,” ujar Andi Harun dalam audiensi bersama Badan Karantina Pertanian I Samarinda di ruang kerjanya, Balaikota Samarinda, Kamis (12/8/2021).

Ia mengemukakan masih mencoba mencari potensi lain yang bisa dikerjakan terutama pada sektor Lidi Nipah, Lidi Sawit, Gula Aren dan Sarang Burung Walet.

“Dari 4 sektor yang berpotensi untuk diekspor bahan bakunya banyak, sehingga komoditi tersebut meningkatkan ekspor yang berasal dari Kota Samarinda itu sendiri,” beber Wali Kota Samarinda ini.

Badan Karantina Pertanian I Kota Samarinda Cahyono menjelaskan Presiden RI Joko Widodo meminta agar Kementrian Pertanian memberikan lampu hijau kepada para pelaku eksportir untuk bisa melakukan ekspor secara bersama-sama saat program merdeka ekspor dalam rangka memperingati Hari Kemerdekan Republik Indonesia Ke-76 Tahun 2021.

“Ini juga bagian dari mementum memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 2021 yang ke-76 nanti, harus menjadi semangat bahwa daerah khususnya Kota Samarinda dapat melakukan ekspor secara bersama-sama,” ucap Cahyono

Sumber: FAN/DON/KMF-SMD
Editor: Rudi

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *