RPJMD Samarinda Disetujui, Wali Kota Minta Semua OPD Rumuskan Rencana Strategis

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 melalui rapat paripurna masa persidangan ke II yang digelar secara virtual, Kamis (12/8/2021) siang.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono ini juga dihadiri Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun secara langsung di Gedung DPRD Kota Samarinda, Jalan Basuki Rahmad.

Bacaan Lainnya

Dalam pendapat akhirnya, Wali Kota memberikan apresiasinya  kepada seluruh rekan anggota DPRD Samarinda yang telah berkerja sama dalam menyelesaikan Raperda RPJMD Tahun 2021-2026. Menurut dia, RPJMD bagi pemerintah sangat penting dan posisinya sangat strategis sebagai pedoman dalam mengusung program Pemkot untuk lima tahun ke depan.

“Oleh karena itu, saya minta kepada semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red) agar segera membuat rencana startegis untuk mengimplementasikan 10 program unggulan atau prioritas yang sudah disinergikan dengan RPJMD. Tujuannya supaya manfaatnya bisa segera dirasakan masyarakat,” pinta Wali Kota.

Menurutnya, Raperda RPJMD juga merupakan bagian dari proses dalam menentukan arah pembangunan daerah sebagai langkah agar strategi visi dan misi Wali Kota serta Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda yakni Terwujudnya Samarinda Sebagai Kota Pusat Peradaban bisa tercapai.

Maka dalam aksi kerjanya nanti, ia berharap semua komponen harus terlibat. Hal ini mengingat peran serta seluruh elemen sesuai dengan posisi dan kewenangannya akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pembangunan Kota Tepian.

“Dengan persetujuan hari ini, tentunya banyak dinamika yang dilewati dalam pembahasannya. Tentunya semua ini harus menjadi semangat demi kepentingan pembangunan bersama,” sebutnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini juga memastikan jika semua OPD di lingkungan Pemkot Samarinda akan berusaha semaksimal mungkin menggunakan segala potensi yang ada untuk menyukseskan pembangunan lima tahun ke depan, meski di tengah tantangan keadaan pandemi yang membuat serba sulit. Oleh karena itu, saat ini pentingnya  kepedulian dan kerja sama tadi.

“Insyaallah lewat forum ini, saya juga meyakinkan jika tidak ada dusta di antara kita, kami akan saling terbuka. Bahkan jika pimpinan dewan merasa tidak puas dengan penjelasan dari staf saya baik Sekda maupun para asisten dalam pertemuan formal dan informal, maka saya selaku Wali Kota siap meluangkan waktu menyampaikan penjelasan secara terbuka,” ungkap Andi Harun mengakhiri.

Dalam bagian akhir, dilakukan penandatanganan draf Raperda RPJMD Kota Samarinda 2021-2026 yang disetujui bersama legislatif dan eksekutif yang disaksikan secara virtual oleh Wawali Dr H Rusmadi  dan seluruh jajaran pejabat terkait di lingkungan Pemkot Samarinda.

Editor: Rudi

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *