17 Kapal Kasus Korupsi PT ASABRI Dilelang Terbuka, Senilai Rp 94 Miliar

  • Whatsapp
banner 468x60

foto, dok Kominfo Smd.

Samarinda, rakyatkaktim.com – Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang difasilitasi Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda melaksanakan Aanwijzing lelang eksekusi benda sitaan berupa 17 kapal dalam kasus korupsi PT ASABRI di aula Baharuddin Lopa Kejari Samarinda, Rabu (30/6/2021).

“Alhamdulillah para peserta yang mengikuti aanwijzing sebelum pelaksanaan lelangnya cukup banyak. Ada 18 peserta yang bukan hanya dari Kaltim, tapi ada juga dari luar,” ungkap kepala PPA Elan Suherlan kepada wartawan.

Ia berharap dengan banyaknya peserta yang hadir pada Aanwijzing ini pelaksanaan lelang bisa berjalan lancar dan barang sitaan bisa terjual.

Dikatakan Elan, lelang 17 kapal senilai Rp 94 miliar ini dilaksanakan di kota Samarinda karena objeknya berada di Samarinda.

“Ini sebenarnya lelang yang ketiga. Karena sebelumnya yang pertama lelang bis di Jakarta dan kedua lelang mobil mewah juga di Jakarta,” beber Elan.

Lelang terbuka sendiri lanjut Elan akan digelar Jumat 2 Juli 2021 secara online dengan alamat domain: https://www.lelang.go.id bertempat di kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Samarinda jalan Juanda 6 Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, kota Samarinda. Adapun Waktu Pengajuan Penawaran Pukul 12.00 – 13.00 waktu server Aplikasi Lelang melalui internet sesuai WIB atau Pukul 13.00 – 14.00 WITA.

“Sangat transparan dan kawan-kawan bisa melihat pelaksanaan lelang terbuka, objektif, tidak ada apa-apa dan bisa diakses semua,” ucapnya.

Pelaksanaan lelang 17 kapal ini sehubungan dengan penyidikan dalam perkara atas nama tersangka HH, yang disangka telah melakukan perbuatan Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT ASABRI (Persero).

Adapun 17 kapal sebagai objek lelang tersebut terdiri dari 4 ( Empat ) unit Kapal jenis Barge, 9 ( sembilan ) unit Kapal jenis Tug Boat dan  4 ( Empat ) unit Kapal Barge.

Pelaksanaan Aanwijzing sendiri dipimpin langsung kepala PPA Kejagung RI didampingi ketua Tim Lelang yang juga Kabag TI PPA Abdillah, Satgas Pidsus Kejagung RI Hendra Ginting, Kajari Samarinda Heru Wicaksono, KPKNL Samarinda Alim Bahri dan KSOP Samarinda Ilham.

Dalam Aanwijzing ini sendiri tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, bahkan para peserta yang datang dari luar kota pun diwajibkan untuk Swab Antigen di klinik Adhyaksa Kejari Samarinda.(DON/KMF-SMD)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *