Tingkatkan Kemampuan, Brimob Kaltim Ikuti Simulasi SAR Kecelakaan Pesawat Udara di Perairan Teluk Balikpapan

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN,RAKYATKALTIM.COM – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Balikpapan Bersama TNI, Polri, BPBD dan stake holder terkait serta relawan bencana Kota Balikpapan menggelar simulasi latihan pencarian dan pertolongan penanganan kecelakaan pesawat udara diperairan teluk Balikpapan.

Latihan rutin tahunan SAR tersebut bertujuan untuk meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan kesiapsiagaan tiap-tiap personil di bidangnya masing-masing.

Bacaan Lainnya

Latihan dengan sasaran evakuasi jiwa korban kecelakaan penerbangan di laut, selain untuk sarana mendidik, melatih dan personil paham akan tugas pokok masing-masing dibidangnya agar lebih profesional standar Internasional.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan, “ nantinya Tim SAR Brimob Polda Kaltim diharapkan mampu bersenergitas dengan Satuan dan Badan penangulangan bencana, pencarian, pertolongan dan penyelamatan jiwa korban kebencanaan lainnya,” tuturnya.

Dalam skenario simulasi latihannya, terang John Huntal Sarjananto Sitanggang, menceritakan sebuah pesawat penerbangan terjadi insiden dan terjatuh di sekitar perairan teluk Balikpapan, kemudian Tim SAR Brimob Polda Kaltim dengan sigab melakukan tindakan pencarian, pertolongan dan penyelamatan jiwa korban bersama tim SAR gabungan.

“Simulasi ini mengajarkan tehnik penyelamatan jiwa korban berstandar SOP dengan tindakan penanggulangan, penyelamatan dan evakuasi sejumlah korban dengan tiga kondisi korban, yakni korban ringan, berat dan meninggal dunia,” jelas John Huntal Sarjananto Sitanggang. Rabu (23/6/2021)

Simulasi latihan SAR yang melibatkan tim SAR Gabungan di Kota Balikpapan, mengusung tema “Latihan Pencarian dan Pertolongan Penanganan Kecelakaan Pesawat Udara di Perairan Teluk Balikapapan”.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *