Ikuti Rakorda Bidang Komunikasi dan Informatika se Kaltim, Ini Harapan Kadiskominfo PPU

  • Whatsapp
banner 468x60

Balikpapan, rakyatkaltim.com – Bertema Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung kinerja Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur gelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Komunikasi dan Informatika Kabupaten dan Kota se Kalimantan Timur, di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan ini juga diikuti Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Penajam paser Utara (PPU) yang dihadiri langsung Kadiskominfo PPU, Siswanto.

Bacaan Lainnya

Rakorda bertujuan untuk sinkronisasi kegiatan-kegiatan serta inventarisasi dan pemetaan permasalahan dan solusi pada masing-masing Diskominfo Provinsi Kaltim maupun Diskominfo Kabupaten/Kota, dibuka langsung Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Nampak hadir Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Kapala Diskominfo kabupaten dan kota se Kaltim, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Kaltim, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kaltim dan vendor telekomunikasi serta SKPD Pemerintah Provinsi Kaltim yang mengikuti secara daring (dalam jaringan).

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim mengatakan, kita tidak dapat membendung kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat cepat perkembangannya. Dari kondisi ini mau tidak mau kita harus berpacu untuk mengikuti perkembangan TIK, kalau tidak mau tertinggal.

“Revolusi industri dibidang TIK 4.0 begitu cepat, saat ini apakah capaian kita sudah sama, sudah melewati atau masih tertinggal. Karenanya kita kita terus memacu kecepatan mengejar kemajuan TIK dalam melakukan kegiatan-kegiatan kita,” kata Isran.

Lebih lanjut Isran Noor mengharapkan Rakorda ini dapat mencapai hasil yang dapat mendukung kinerja kita. ” Lakukanlah hal-hal yang bisa dicapai, yang dapat diraih, dapat dilaksanakan. Sistem kordinasi disemua level harus dibangun,” pinta Isran.

Keterbukaan informasi lanjut Isran harus dibangun disemua intansi untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik walaupun dengan pelan-pelan, karena kita menyadari tidak mungkin dilakukan langsung seratus persen. ” Paling tidak hal-hal yang prinsip bisa dilakukan, ” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya Isran mengharapkan rakorda ini juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika. ” Dapat membantu meningkatan kapasitas dan kemampuan SDM, itu kuncinya,” tegasnya.

Terpisah Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Kehumasan Diskominfo PPU, Siswanto, mengatakan, rakorda ini merupakan kesempatan bagi Diskominfo PPU untuk berbagi informasi dengan Diskominfo kabupaten dan kota se Kaltim, khususnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

“Di Rakorda ini kita dapat berbagi informasi, bertukar pikiran dengan taman-teman Diskominfo se Kaltim, kita dapat mencari masukan dan solusi dari permasalahan yang kita hadapi dalam melaksanakan tupoksi kita,” kata Siswanto.

Lebih lanjut, Siswanto juga berharap dalam Rakorda ini dapat membuat rekomendasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi bidang komunikasi dan informatika. Kegiatan Rakorda dibagi menjadi lima desk, yaitu desk TIK, desk Aplikasi Informatika (APTIKA), desk Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), desk Statistik dan desk Persandian.

” Semoga masing-masing desk dapat membuat rekomendasi yang dapat menjadi masukan bagi kita dalam melaksanakan tupoksi kita,” pungkasnya.

Sumber: Diskominfo PPU

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *