Gunakan Gelar Prof, Titel Ketua Gepak Kuning Suryansyah Dipertanyakan

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN — Terkenal dengan sebutan Prof, gelar yang melekat pada ketua Umum Gepak Kuning Kalimantan Timur Suryansyah Kini di pertanyakan.

Aliansi Pemerhati Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Asdin mengatakan, gelar profesor yang disematkan ke Ketua Umum Gepak Kuning Suryansyah patut dipertanyakan.

Dikatakan, bahwa jika penyemangat gelar prof tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang di milikinya dan didapatkan sesuai dengan aturan yang ada maka itu sama saja pembohong publik dan dapat dipidana sesuai dengan Undang-Undang omor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

“Ingat penyemangat gelar prof itu bisa disanksi pidana,” Ujarnya.

Asdin, mengaku tidak tahu-menahu tentang gelar profesor yang didapat Suryansyah. Dia pun mempertanyakan gelar itu lantaran lazimnya, seorang profesor masih aktif mengajar dan memiliki karya penelitian yang diakui.

Apa dampaknya jika sembarangan menyematkan gelar akademis? “Iya ada sanksinya, coba dibaca di UU Sisdiknas,” jawab Asdin tegas.

Aturan tentang sanksi pidana penggunaan gelar akademisi yang tidak sesuai ini diatur dalam Pasal 68 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Di dalam ayat dua dan empat pasal tersebut disebutkan, “Setiap orang yang menggunakan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/atau vokasi yang diperoleh dari satuan pendidikan yang tidak memenuhi persyaratan dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

Di dalam ayat keempat Pasal 68 disebutkan “Setiap orang yang memperoleh dan/atau menggunakan sebutan guru besar yang tidak sesuai dengan Pasal 23 Ayat (1) dan/atau Ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

Seperti diberitakan, baliho dan spanduk bergambar ketua umum Gepak Kuning Suryansyah yang terpasang di sejumlah ruas jalan mengundang perbicangan. Pasalnya, baliho ini bertuliskan Suryansyah (Prof) kini menjadi pertanyaan publik.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *