Sarung Samarinda Sudah Cukup Terkenal,
Dekranasda Samarinda Bakal Maksimalkan Produk Lain

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun berkomitmen untuk memaksimalkan segenap potensi kerajinan lokal yang ada di daerah ini. Selain sarung Samarinda yang selama ini sudah cukup dikenal luas, pihaknya juga akan memaksimalkan pembinaan terhadap sejumlah pengrajin lokal.

Terutama untuk berinovasi memproduksi kerajinan-kerajinan yang menjadi ciri khas Samarinda dan Kaltim umumnya. Di antaranya seperti manik-manik dan ukiran kayu.

“Saat ini memang sudah berjalan. Tapi saya inginnya supaya bisa lebih maksimal lagi ke depan. Memasuki hari ulang tahun Dekranas ke-41 hari ini, semoga kita bisa semakin tangguh dan jaya. Terutama untuk terus memunculkan kerajinan tangan yang menjadi ciri khas daerah kita,” katanya saat diwawancarai seusai mengikuti kegiatan syukuran Dekranas ke-41 yang berlangsung secara virtual, Rabu (3/3) siang.

Istri Wali Kota Samarinda Andi Harun ini mencontohkan seperti sarung Samarinda yang saat ini sudah cukup terkenal. Ke depan tidak hanya produk sarung yang dijual. Tetapi bisa juga memunculkan produk lain dengan bahan dasar sarung Samarinda.

“Misalkan jam tangan. Ikatan jam tangan bisa dikembangkan dengan bahan dasar sarung Samarinda. Saya yakin ini pasti akan laku di pasaran. Semoga anak-anak muda kita bisa menangkap peluang ini,” tandasnya.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Samarinda, Hj Herli Warsita Rusmadi yang ikut mendampingi menambahkan, Dekranasda Samarinda akan terus memakismalkan pembinaan terhadap sejumlah pengrajin lokal di kota ini. Terutama agar bisa bangkit meski di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini. Tentunya dengan terus berkomunikasi ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, maupun dengan pihak swasta dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kita akan terus semakimal mungkin untuk membina dan memberikan motivasi kepada sejumlah pengrajin yang ada di Kota Samarinda. Biar usaha kerajinan lokal bisa terus maju meski di tengah kondisi pandemi,” ungkap istri Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi ini.

Untuk diketahui, syukuran HUT Dekranas ke-41yang berlangsung secara virtual ini selain diisi dengan pemotongan tumpeng, juga sekaligus mendengarkan sambutan dari Ketua Umum Dekranas Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin serta pengarahan dari Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo. (her/cha/kmf-smd)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *