Kapolres AKBP Teguh Triwantoro : Proses Pengusulan, Polres Bulungan Menuju Tipe C

  • Whatsapp
banner 468x60

TANJUNG SELOR,  – Meningkatnya status Polres Bulungan menjadi Polresta, sepertinya akan segera terealisasi. Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara saat ini sedang mengusulkan kepada Mabes Polri agar Polres Bulungan bisa segera naik dari Tipe D menjadi Tipe C atau setara Polresta.

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro mengungkapkan, untuk mengubah status tipologi Polres Bulungan menjadi Polresta tentu ada syarat-syarat yang harus dilengkapi. Untuk itu, sesuai arahan dari Polda Kaltara, persyaratan-persyaratan tersebut akan mulai dilengkapi mulai saat ini.

“Tahapan sekarang, kita sementara mengajukan lalu kemudian bersurat ke Mabes (Polri). Nanti itu akan ditelaah lagi, lalu dikaji mengenai kelayakannya (naik tipe C),” katanya kepada Koran Kaltara, Jum’at (19/2/2021).

Kapolres mengungkapkan, memang membutuhkan waktu yang cukup lama agar kenaikan tipologi bisa terealisasi. Namun jika dilihat dari posisi Polres Bulungan yang berada di Ibukota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor, tidak menutup kemungkinan akan bisa terealisasi.

Keberadaanya yang berada di Ibukota provinsi, kata Kapolres, tentu membutuhkan penanganan wilayah yang tidak bisa dilakukan dengan cara biasa saja dan harus secara khusus dan tentunya memadai. Ditambah lagi, status Polda Kaltara yang akhirnya naik menjadi tipe A berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1189/IV/OTL.1.1.3/2020.

“Pak Kapolda (Irjen Pol Bambang Kristiyono) kan sudah menyampaikan besar kemungkinan akan terealisasi. Ini kan ibukota provinsi. Beberapa Polres yang berada di ibukota provinsi juga sedang mengusulkan. Jadi besar kemungkinan, Polres Bulungan bisa menjadi Polresta,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, apabila Polres Bulungan berubah status tipologi menjadi Polresta, pucuk pimpinan akan diemban oleh polisi dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes). Namun, lagi-lagi kata dia, untuk merealisasikan hal itu dibutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup lama.

“Kalau (Polres) Tipe C itu , levelnya (pimpinan) Kombes. Kalau sekarang (Polres Bulungan) masih Tipe D, karena level pimpinannya masih AKBP. Tapi dengan adanya pengusulan ini, kita optimis bisa segera naik level. Kita mohon do’anya saja,” pungkasnya. (*)

Sumber: Koran Kaltara

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *