Bangunan Beres, Gedung MPP Segera Ditempati

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA. Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Pahlawan, Samarinda Ulu segera ditempati dalam waktu dekat.

Dari laporan yang disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Hero Mardanus pada Rapat Koordinasi (Rakor) di Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Jumat (19/2/2021) pagi, bangunan yang berdiri di atas lahan eks Kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu sudah rampung 100 persen dan siap ditempati. Apalagi sudah dilengkapi dengan Surat Instruksi Walikota Samarinda tertanggal 11 Januari 2021 untuk segera memanfaatkan gedung tersebut demi memaksimalkan pelayanan publik.

Menurut Plh Walikota Samarinda Sugeng Chairuddin, gedung MPP tersebut merupakan salah satu PR serius selama menjabat Plh Walikota, disamping mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung program Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terpilih.

“Jadi kita berkoordinasi dan sudah jelas keputusannya untuk segera mengeksekusi Instruksi Walikota terkait penempatan gedung MPP ini. Sesuai rencana, bangunan ini memang diperuntukkan buat MPP, sehingga sesui saja peruntukannya,” kata Sugeng yang juga Sekda Kota Samarinda itu saat memimpin rapat.

Selanjutnya kata Sugeng, Pemkot Samarinda juga akan memikirkan anggaran untuk mendukung operasional di gedung yang dibangun dengan biaya dari APBD Kota Samarinda itu. Terutama untuk kebutuhan air dan listrik.

“Kita akan anggarkan sekitar Rp75 juta per bulan untuk kebutuhan listrik dan air di gedung MPP tersebut. Intinya biar gedung ini bisa segera difungsikan sesuai peruntukannya. sebelum ditempati, nanti kita akan turun ke lapangan bersama segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red) terkait buat mengecek kondisi fisiknya,” tegas Sugeng.

Inspektur Inspektorat Daerah (Itda) Kota Samarinda, Mas Andi Suprianto menambahkan, gedung tersebut memang harus segera ditempati jika memang sudah selesai terbangun. Karena setiap pembangunan dalam bentuk apapun, pasti melalui perencanaan yang matang. Termasuk gedung MPP tersebut.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kota Samarinda, Jusmaramdhana Alus mengatakan pihaknya siap untuk segera pindah dari kantor lama di Jalan Basuki Rahmat untuk menempati gedung baru tersebut. Apalagi sudah ada instruksi jelas dari pimpinan.

Meski begitu, diakuinya pemindahan kantor untuk instansi yang ia pimpin tersebut memerlukan proses. Selain dukungan air dan listrik, juga yng tak kalah penting adalah jaringan internet untuk mendukung kegiatan pelayanan nanti. Maklum, sebagian besar pelayanan di OPD tersebut sudah berbasis online.

“Pada intinya kita siap untuk segera pindah. Tinggal disiapin berkas dan dokumen pendukung lainnya, termasuk soal serah terima gedung,” ungkap Jusmaramdhana.

Selain Sugeng, Hero Mardanus, Mas Andi, dan Jusmaramdhana, rapat tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat terkait lainnya. Di antaranya Asisten II Pemkot Samarinda Nina Endang Rahayu, perwakilan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, serta perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. (her/don/kmf-smd)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *