2 Pelaku Spesialis Congkel Kaca Mobil di Ringkus polisi, Incar ECU Engine Mobil

  • Whatsapp
banner 468x60

Foto: Kedua pelaku pencuri spesialis congkel kaca mobil diamankan Jajaran Polsek Sungai Pinang (istimewa)

Samarinda – Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang berhasil mengungkap kasus pencurian spesialis congkel kaca mobil di wilayah Samarinda pada Minggu (24/1/2021). Kedua pelaku yakni DN (31) dan HG (37) saat ini tengah di tahan di Polsek Sungai Pinang.

Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan korban yang kehilangan ECU Engine usai kaca mobilnya dibobol maling. Berangkat dari laporan tersebut, kepolisian bergerak melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya menemukan titik terang dan mengantongi identitas para pelakunya.

“Kedua pelaku ini berhasil kita amankan di rumahnya. DN di kawasan Jalan Dr Soetomo, dan HG di kawasan Jalan Pasundan,” kata Kanit Reskrim Polsek Sungai Pinang Iptu Akhmad Wira ketika dikonfirmasi Selasa (26/1/2021).

Ia menerangkan, dari hasil interogasi kedua pelaku mengaku telah 3 kali beraksi dengan berhasil menggasak ECO Engine. Dari tempat berbeda, dan diakuinya dilakukan diwaktu dini hari.

“Kejadian pertama pada (21/1), di Jalan Wahid Hasyim Gang Warga. Kedua, pada (22/1), juga di Jalan Wahid Hasyim Gang Papadaan. Dan ketiga pada (23/1) di Jalan Pelita,” ungkapnya.

“Jadi, pelaku mengambil dengan cara melihat mobil yang terparkir, kemudian membuka paksa kaca pintu mobil dengan penggaris besi. Lalu, membuka dashboard mobil untuk mengambil alat ECU Engine,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wira mengungkapkan, kedua pelaku menjual alat ECU Engine curian, dengan harga Rp 1,2 juta per unit ECU Engine.

“Barang bukti yang kami amankan Adam 1 unit ECU Engine, 1 motor yang digunakan untuk beraksi, dan penggaris besi panjang 50 cm,” imbuhnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku yakni DN dan HG harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara.(*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *