Atasi Banjir. Komisi III Taufik Qulrahman minta Jangan Lagi Bangun Trotoar dan Drainase.

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN — Menanggapi permasalahan banjir yang tak kunjung selesai, Komisi III DPRD Balikpapan Taufik Qulrahman angkat bicara terkait penanganan di lapangan. Anggaran yang dikeluarkan sudah harus tepat dalam pelaksanaannya.

“Yang terpenting jangan membangun trotoar atau drainase lagi, tapi harus membuang seluruh sendimen tanah dan kotoran-kotoran yang menumpuk disetiap titik drainase penyebab banjir.” Kata Taufik Qulrahman

Menurutnya, banjir yang terjadi akibat tumpukan tanah lalu menyebabkan aliran air tidak terurai maksimal sehingga meluap dan menyebabkan sekitar wilayah tersebut terjadi banjir.

“Saya sudah meninjau beberapa lokasi banjir dan memang masalahnya adalah sendimen tanah yang menumpuk seperti di tugu adipura. Jadi kerahkan excavator untuk mengeruk tumpukan tanah itu.” Lanjutnya

Lebih lanjut, Anggota Komisi III tersebut mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Balikpapan telah menganggarkan lebih dari 100 milyar untuk tahun 2021 agar masalah banjir bisa segera selesai.

“Selain mengeruk, anggaran 2021 itu juga harus dipakai untuk membangun bendali-bendali di titik rendah agar aliran air bisa tertampung terlebih dahulu. ” bebernya.

Terpisah, menanggapi banjir kota Balikpapan direktur Eksekutif LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Stabil, Jufriansyah mengatakan bahwa banjir yang terjadi akibat tidak matangnya konsep antara hulu dan hilir sehingga permasalahan banjir belum maksimal penanggulangannya.

“Sekarang ini bukan lagi soal mencegah tetapi mengendalikan, semua sudah terjadi sehingga perlu adanya konsep yang matang. Selain itu pembukaan lahan baru juga harus diperketat. Tindak tegas investor dan pembuka lahan yang main-main dengan hukum” tegasnya.
(adhi)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *