Edarkan Uang Palsu di Warung-Warung, Pria Asal Kutim di Jerat 15 tahun Penjara

  • Whatsapp
banner 468x60

Foto: Supriyadi pemilik uang palsu di amankan Kepolisian Polsek Sangkulirang (Dok Polsek Sangkulirang)

Rakyatkaltim.com Kutim – Dalam kurung waktu beberapa minggu, warga Kaltim di resahkan dengan beredarnya uang palsu yang marak bereda. Beberapa waktu lalu pun polres Samarinda berhasil mengamankan beberapa orang yang terlibat menyebarkan uang palsu di kalangan masyarakat Samarinda.

Tak sampai disitu, uang palsu dari Samarinda ini ternyata sudah masuk di daerah Kabupaten Kutai Timur tepatnya di Desa Mukti Lestari Kecamatan Karangan. Mendapatkan aduan masyarakat terkait uang palsu, Polsek Sangkulirang pun menulirus penyebaran uang palsu tersebut.

Setelah melakukan pengembang, polisi pun berhasil mengamankan Supriyadi (26) pemilik uang palsu tersebut.

Barang Bukti Uang Palsu Yang Berhasil Diamankan

Usut punya usut ternyata uang palsu tersebut Supriyadi dapat dari Keluarganya  asal Samarinda yang telah di tangkap di Polres Samarinda beberapa hari lalu.

“Pelaku mengaku uang palsu yang di dapat merupakan pemberian keluarganya yang berada di Samarinda,” jelas Kapolsek Sangkulirang Iptu Damiatus Jelatu saat di konfirmasi Senin (28/12/2020).

Jelatu menjelaskan modus pelaku, meminta anak-anak kecil yang berada di sekitar rumahnya membeli rokok dan sembako di warung – warung yang berada di Kecamatan Karangan.

“Total ada 3 warung yang menjadi korban uang palsu ini, totalnya ada 300 ribu, sedangkan dari tangan pelaku kami amankan 600 ribu,” paparnya.

Aparat kepolisian Sangkulirang berhasil mengendus Supriyadi, setelah mendapat informasi dari pemilik warung.

“Awalnya kita amankan anak-anak yang menyebarkan uang palsu, dari keterangan mereka akhirnya pelaku utama berhasil di amankan,” ungkapnya.

Saat ini pelaku tengah di tahan di Polsek Sangkulirang, atas perbuatannya pelaku di ancam dengan pasal 245 dengan pidana 15 tahun penjara. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *