4 Januari LSM KPEHR Balikpapan Ikuti Diklat Tentang Sampah di Purwakarta, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN — Sejumlah Anggota Lembaga Swadaya Masyarakat yang tergabung dalam Komite Penyelamat Ekonomi dan Hak Rakyat (KPEHR) dipastikan akan mengikuti Diklat tentang Pengolahan Sampah yang akan di gelar pada 4 sampai dengan 8 Januari 2021 di Purwakarta.

Hal ini disampaikan langsung, hal ini disampaikan langsung pembina LSM KPEHR pusat Rona Siregar saat didampingi Ketua LSM KPEHR Balikpapan Agus BCR, kepada Rakyat Kaltim.com, Senin 28 Desember 2020.

Rona menyebutkan, Diklat di Purwakarta mulai tanggal 4 Sampai dengan 8 Januari 2021. Diharapkan nantinya para peserta Diklat yang berasal dari kota Balikpapan bisa menjadikan sampah disulap menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dan menjadikan sampah tersebut bersifat ekonomis yang hasilnya kembali kepada rakyat.

“Yang terpenting apabila program ini terlaksana di kota Balikpapan dapat mengurangi beban kota dalam mengatasi sampah yang ada di kota Balikpapan. Sehingga sampah rumah tangga tidak perlu di buang di TPA dan Dapat dikelolah langsung di tempat dan sasaran program ini bekerja sama dengan pemerintah kota dan perusahaan khsusu CSR,” Ujarnya.

Ia menambahkan, Untuk pengolahannya sendiri, menggunakan tong yang telah dimodifikasi. Di dalam alat yang dinamai tabung Reaktor 120C itu, sampah dibakar dengan limbah kayu selama tiga jam hingga menghasilkan karbon aktif atau menjadi arang.

“Untuk membuat briket, berasal dari sampah campuran, organik dan anorganik.Sedangkan untuk produk kosmetik seperti masker, lulur, shampo dan sabun batangan harus khusus dari sampah organik, seperti ranting pohon, dedaunan, kayu, dan kertas,”tutupnya.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *