RSUD HIS Kutai Barat Sudah Bisa Layani Cuci Darah

  • Whatsapp
banner 468x60

SENDAWAR – Kini warga Kubar yang membutuhkan layanan cuci darah tidak perlu jauh-jauh lagi ke Samarinda, dengan diresmikannya pengembangan pelayanan unit Hemodialisa dengan kapasitas enam tempat tidur pasien/enam mesin cuci darah. Dengan diresmikannya pengembangan pelayanan unit Hemodialisa oleh Bupati Kubar FX Yapan SH maka pasien sudah bisa dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS)  dengan tenaga medis yang profesional, belum lama ini.

Selain pengembangan pelayanan unit Hemodialisa, turut diresmikan tiga unit ruangan rawat inap VIP hal tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat Kubar.”Selama ini banyak sekali permintaan masyarakat terkait pelayanan rawat inap VIP, oleh sebab itu pihak rumah sakit  berupaya membangun ruang rawat inap VIP. Seperti yang disampaikan Bupati ketika meninjau gedung tersebut tahun 2021 Pemkab Kubar terus membangun dan menambah ruang VIP untuk memberikan layanan yang lebih baik dan maksimal kepada masyarakat,” kata Direktur RSUD HIS.

Lebih lanjut Direktur RSUD HIS dokter Akbar M Si menjelaskan, di RSUD HIS turut diresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan beroperasi IPAL tersebut diharapkan pengelolaan lingkungan di RS menjadi lebih baik.

“Sesuai arahan Bupati agar lingkungan RS dan seluruh PD serta lingkungan masyarakat bisa dikelola dengan baik dan harus tetap bersih, karena memang sesuai target Pemkab Kubar kedepan mampu meraih penghargaan Adipura,” ungkap dr Akbar.

Peresmian mesin Incinerator/mesin pembakaran sampah medis yang baru diharapkan mampu mengurangi dan memusnahkan sampah medis. Selain memusnahkan sampah sampah medis RS HIS sendiri, RSUD HIS juga menerima pemusnahan sampah medis dari luar RSUD HIS dengan biaya Rp 10 ribu/kg untuk saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Direktur RSUD HIS Dokter Akbar M Si kembali menjelaskan untuk penanggung jawab Unit Hemodialisis dokter Anne Boron S pPD dibantu dr Jenny Meliana sebagai dokter pelaksana serta empat perawat dengan dua orang yang sudah terlatih. Pada 15 Juli 2020 Unit Hemodialisa RSUD HIS mendapatkan izin pelayanan Hemodialisa dari DPMPTSP setelah dilakukan fasilitasi oleh Dinkes Kubar dan Dinkes Provinsi Kaltim serta Pernefri Sulsel.

Saat ini tersedia enam unit mesin Hemodialisis, terdiri dari empat unit mesin KSO dengan PT B Braun Medika Indonesia dan dua unit pengadaan RSUD HIS tahun 2012 . Dari enam unit  1 unit khusus bagi pasien dengan HBsAg+. Untuk memenuhi peningkatan pelayanan kepada masyarakat sudah direncanakan secara bertahap melalui kerjasama dengan PT B Braun Medikal Indonesia. Demikian juga dengan penambahan perawat terlatih.”Pada hari pertama dan kedua dimulai dioperasikan mesin Hemodialisis untuk tiga pasien diberikan pelayanan secara gratis. Selain itu juga sesuai kesepakatan dengan BPJS, kerjasama BPJS Kesehatan akan dilakukan pada tahun 2021 setelah semua persyaratan terpenuhi,” terang dr Akbar.

Dalam kesempatan tersebut Direktur RSUD HIS  menjelaskan bahwa tipe RSUD HIS  masih Tipe C dengan jumlah dokter spesialis saat ini 17 orang. Dengan rincian dokter SP bedah 1 orang, SP Penyakit Dalam 3 orang, SP Patologi Klinik 3 orang, SP Bedah Mulut 1 orang, SP Obgyn 2 orang, SP Anak 1 orang, SP Rehabilitasi Medik 2 orang, SP Anastesi 1 orang, SP Radiologi 1 orang, SP THT 1 orang, dengan rencana penambahan 3 dokter spesialis di tahun 2021  yakni SP Bedah, SP Jiwa dan SP Syaraf. Dengan adanya SP Syaraf tentu diharapkan adanya dukungan pengadaan CT Scan untuk menunjang pelayanan.

Selain itu di tahun 2021 RSUD HIS sudah merencanakan pembangunan melalui BLUD dan APBD. Yakni pengadaan perlengkapan Rawat Inap VIP, Pembangunan Instalasi Bedah Sentral (IBS) proses di PUPR melalui dana APBD, Pembangunan ruang ICU, Pembangunan Penerangan jalan RS, Pembangunan Instalasi Laundry, Pembangunan rehab plafon seluruh selasar RS, Pengadaan Tangki air bersih, Pengadaan instalasi/kantor IPAL dan Pembambangunan gedung serta pengadaan EEG.(hms)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *