Drs HM Idris: DPD RI Tengah Perjuangkan 4 Wilayah DOB di Kaltim

  • Whatsapp
banner 468x60

BALIKPAPAN — Anggota DPD/MPR RI Dapil Kalimantan Timur (Kaltim) Drs. H. Muhammad Idris mengakui saat ini pihaknya tengah memperjuangkan pembentukan 4 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Kalimantan Timur.

Dimana kata dia, Komite I DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; serta pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

“Untuk Kalimantan Timur sendiri saat ini ada empat wilayah yang sementara di perjuangkan untuk dibentuk sebagai daerah otonomi baru dan saat ini masih dalam proses,” kata H. Muhammad Idris, Sabtu 19 Desember 2020.

Secara rinci, Drs HM Idris yang juga menjabat Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kota Balikpapan menyebutkan diantara empat wilayah tersebut diantaranya Kutai Utara yang tidak lain adalah pecahan dari Kutai Timur.

Kemudian, lanjutnya, Berau Pesisir pecahan dari kabupaten Berau, Kemudian Pasir Pesisi pecahan dari Paser dan yang terakhir Pantai Kutai Kartanegara di wilayah Samboja.

“Dari 173 yang direkomendasikan oleh DPD RI, empat wilayah di Kalimantan timur ini masuk diantaranya,” Ucapnya.

Dan saat ini, kata Drs HM Idris, DPD RI sendiri tengah membahas soal empat wilayah ini me jadi daerah otonomi baru atau DOB.

“Peluang empat wilayah ini sangat besar dan kota berharap bapak presiden RI Joko Widodo dapat menandatangani apa yang menjadi usulan kita dari DPR RI ini dan kita berharap dari 173 ini empat diantaranya di Kalimantan timur,”Ungkap Drs HM Idris.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *