Berikan Pelayanan Terdepan dan Patuh Bayar Pajak, Raih Penghargaan

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA. Untuk pertama kalinya memasuki lingkungan Balaikota setelah masa cuti kampanye, Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati didampingi Kepala Bappeda Hermanus Barus menyerahkan penghargaan kepada kelurahan dan penghargaan kepada wajib pajak atas sumbangsihnya dalam pengelolaan dan ketertiban membayar pajak.

Penyerahan penghargaan sebagai apresiasi kepada kelurahan yang berperan dalam memberikan pelayanan terdepan begitu pula wajib pajak yang taat, dilakukan di Ruang Utama Lantai II Balaikota Samarinda, Senin (07/12).

Dalam sambutannya, Barkati menyampaikan wajib pajak sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam pembangunan perlu diapresiasi guna menumbuhkan motivasi keikutsertaan aktif dalam pembangunan.

“Penghargaan ini juga bisa menjadi motivasi bagi aparat kelurahan lainya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal pendistribusian SPPDT PBB P2. Bagi wajib pajak, penghargaan ini bertujuan sebagai bentuk ucapan terima kasih,” tutur Wakil Walikota Samarinda.

Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, jumlah cetak massal Surat Pemberitahuan Pajak Daerah Terhutang (SPPDPT) PBB P2 Tahun 2019 sebanyak 240.824 lembar dan tahun 2020 sebanyak 240.926 lembar.

Tindak lanjut ini membutuhkan peran aktif aparatur kelurahan selaku aparatur terdepan dalam pendistribusian kepada masyarakat selaku wajib Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2). Sebagai ujung tombak dalam penerimaan PBB P2, serta peran aktif camat dan lurah juga diperlukan.

“Pemungutan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan pajak parkir adalah kewajiban yang diberikan negara kepada wajib pungut pelaku usaha sesuai UU No 28 Tahun 2019,” ucap Barkati.

Penurunan pendapatan secara drastis di tahun 2020 dikarenakan merebaknya pandemi Corona Virus 19, yang berimbas pada tertumpuknya seluruh sektor perekonomian di Indonesia.

Target Pendapatan Asli Daerah tahun 2020 sebesar Rp. 332.216.400.000,00. Sampai dengan bulan Oktober 2020 teralisasi sebesar Rp. 370.029.059.093,73.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan semoga kedepannya usaha yang dijalankan pada pelaku usaha di Samarinda ini berjalan dengan lancar, juga semakin berkembang dan sukses, sehingga penerimaan pajak juga ikut meningkat,” papar Barkati

Turut hadir menerima penghargaan Lurah Sengkotek, Lurah Loa Buah, Lurah Sempaja Utara, Lurah Sungai Keledang, Lurah Baqa, Lurah Sungai Pinang Dalam, Lurah Pelita, Lurah Lempake, Lurah Sidodadi, Lurah Sungai Pinang Luar, Hotel Aston Samarinda, Swiss Bell Hotel Borneo, Hotel Harris, Studio XXI Big Mall, DeJavu Pub, Happy Puppy Karaoke Antasari, PT Cipta Sumina Indah Satresna (Parkiran Mall Lembuswana), Koperasi Karyawan Bhinneka Tunggal Sejahtera (Parkir Basement Pasar Pagi), Perusda Melati Bhakti Arya Provinsi Kalimantan Timur (Parkir Samping Bank Mandiri Mulawarman), Mc Donald, Kentucky Fried Chicken, Warung Gresik Suroboyo. (fan/don/kmf-smd)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *