Bagi-bagi Sarung di Pilkada, Pengamat Sebut Masuk Pidana Pemilu

  • Whatsapp
banner 468x60

RAKYATKALTIM.COM, BALIKPAPAN — Jelang pencoblosan yang tinggal menghitung hari ini, kini warga Kota Balikpapan ramai membincangkan  sarung Bergambar Pasangan Calon Walikota Dan Calon Wakil Walikota Kota Balikpapan.

Bagi-bagi Sarung, Sembako terlebih politik uang dalam pemilu sendiri dianggap melanggar Undang-undang pemilu dan masuk dalam tindak pidana pemilu.

Pengamat Politik Kota Kota Balikpapan, Rico menyebutkan, Money politics dalam bentuk apapun (sarung, sembako) untuk mempengaruhi suara konstituen adalah perbuatan curang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang hakikatnya sama dengan korupsi.

“Inilah kebiasaan yang tidak membangun dan merusak mental mental masyarakat. Kebiasaan politik transaksional menciptakan iklim politik yang buruk yang berujung pada praktik korupsi,”ujarnya.

Rico, menjelaskan, Poltik uang dalam referensinya, tidak akan mewujudkan Pemilu yang adil dan berintegritas.

“Tidak akan memperkuat sistem ketatanegaraan karena demokrasi dibajak melalui korupsi pemilu, serta tidak mewujudkan Pemilu yang adil dan berintegritas, tidak pula efektif dan efisien,” tegasnya.

Menurut Rico, politik uang cenderung mengarah pada penyalahgunaan kekuasaan kedepannya lantaran dimulai dengan transaksional, baik janji jabatan maupun imbalan lain.

“Politik uang dalam pilkada adalah korupsi pemilu yang akan menuju korupsi politik. Korupsi pemilu dengan korupsi poltik, keduanya saling mempengaruhi dan berhubungan satu sama lain,” urainya.

Politik uang, menurut Rico tidak sesederhana yang dibayangkan, namun berujung panjang yang akan merusak tatanan pemerintahan kedepan.

“Pembelian suara dengan sejumlah uang atau dalam bentuk apapun, dalam Pilkada pasti membutuhkan biaya yang sangat besar. Jika nanti terpilih maka hal pertama yang tebersit dalam pikirannya adalah bagaimana mengembalikan modal yang telah dikeluarkan guna memenangkan pemilihan,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari dari pihak yang bersangkutan, yang fotonya tertera didalam unggahan berita dan berita ini akan diverifikasi ulang nantinya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *