Siapkan 50 Petugas, KPU Kota Balikpapan Kini Lakukan Penyortiran Surat Suara

  • Whatsapp
banner 468x60

RAKYATKALTIM.COM, BALIKPAPAN — Tahapan penyortiran surat suara sudah mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, di Jln Jenderal Sudriman, Balikpapan Kota (Balkot), Senin (23/11/2020).

Sebanyak 50 petugas penyortir kertas suara sudah mulai bekerja untuk menyortir kertas suara yang nantinya akan dipergunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 9 Desember mendatang.

Bacaan Lainnya

Dari 57 orang yang mendaftar dan ikut menjalani Rapid Test, 7 diantaranya mendapatkan hasil reaktif, sehingga KPU hanya mengambil 50 petugas yang hasilnya non-reaktif.

Dijelaskan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha pelkasanaan kegiatan penghitungan dan melipat kertas suara dilakukan untuk mengetahui apakah kertas suara tersebut dalam kondisi baik atau rusak.

Bahkan ada kriteria kertas suara tersebut dapat dikatakan baik atau rusak diantaranya gambar pada kertas suara harus jelas, tidak buram, tinta pada cetakan tidak meluber, tidak ada bercak, apalagi bercak yang menyerupai coblosan, serta tidak ada potongan kertas suara yang tidak rapi.

Selanjutnya, kertas suara yang dilipat akan dihitung kembali, dimana saat menerima terdapat 444.999 kertas suara berdasarkan packing. Dimana didalam satu kotak (pack) nya terdapat 2000 lembar kertas suara.

“Kita akan hitung kembali, apakah didalamnya akan betul terdapat 2000 lembar tiap kotaknya,”

Jika kondisi kertas suara dinyatakan baik, selanjutnya akan dilipat sesuai yang telah dicontohkan.

Lanjut Thoha, ketika didalam penghitungan nanti terjadi kurang kirim atau lebih kirim, akan dikumulasikan dengan kerusakan.

“Jadi yang kurang kirim berapa, lebih kirim berapa, kemudian yang rusak berapa, setalah itu kita jumlahkan dan mintakan ganti kertas suara tersebut kepabrik yang mencetak,”

“Pergantian kerusakan dan kekurangan kertas suara sudah tercantum dalam perjanjian, jadi pencetak wajib mengganti kerusakan dan kekurangannya,”

Thoha juga memastikan semua akan sesuai jadwal dan target, meskipun jika ada kerusakan pada kertas suara, kemudian KPU meminta kertas suara yang baru, proses pengirimannya ke Balikpapan dipastikan akan tepat waktu.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *