Segini Upah Yang Diterima Petugas Pelipat Kertas Suara Yang Diberikan KPU Balikpapan

  • Whatsapp
banner 468x60

RAKYATKALTIM.COM, BALIKPAPAN — Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan memberikan upah Rp.250 rupiah per lembarnya bagi petugas yang bertugas melipat kertas suara.

“Setiap lembar surat suara yang telah dilipat oleh para petugas mulai hari ini, akan menerima honor sebesar Rp.250,”Ujar Noor Thoha Ketua KPU Balikpapan. Senin 23 November 2020.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Ia mengatakan, Sebanyak 50 petugas  sudah mulai melipat dan menyortir kertas surat suara yang dipusatkan di Aula kantor KPU Balikpapan, Jln Jenderal Sudirman, Prapatan, Balikpapan Kota (Balkot). Dimana Surat suara tersebut nantinya akan dicoblos oleh pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pada 9 Desember mendatang.

Lagi kata dia, bagi para petugas yang bertugas melipat kerta suara tetap menjalankan protokol kesehatan dimana sebelum masuk ruangan harus melakukan cek suhu tubuh terlebih dahulu, menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Keseluruhan petugas penyortir kertas suara sudah menjalani pemeriksaan Rapid Test dan hasilnya dari 57 yang mendaftar 7 diantaranya reaktif, sehingga KPU hanya mengambil 50 petugas saja,”Ucapnya.

Selain itu, petugas penyortir kertas suara harus mematuhi Tata Tertib (Tatib) yang sudah ditentukan KPU, diantaranya petugas penyortir dilarang membawa kertas suara ke luar ruangan.

“Jika petugas tersebut membawa kertas suara ke luar ruangan, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,”ujarnya.

Thoha menambahkan, petugas nantinya akan mendapatkan honor, setiap kertas suara yang dilipat dihargai sebesar 250 rupiah/lembar.

“Perlembarnya kami hargai 250 rupiah dan setiap kotaknya isi 2000 lembar, jadi jika setiap petugas bisa melipat dan menyortir 2000 lembar,  ya tinggal dikalikan saja, itu honor yang mereka terima,” katanya.

Laporan: Riel Bagas

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *